Seminar pendidikan

PERAN DAN FUNGSI PAUD/TK DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL




Baleendah, 31 Januari 2019

      SD Ar-Rafi' Drajat - Menyambut Pekan ke empat di Bulan Januari, SD Ar-Rafi’ Drajat melaksanakan kegiatan Seminar Pendidikan. Kegiatan seminar dilaksanakan di Kampung Batu Malakasari yang beralamatkan di Jalan Raya Banjaran Rencong, Desa Malakasari, Baleendah, Malakasari, Baleendah, Bandung, Jawa Barat. 

         Mengusung seminar pendidikan yang berbasis Aqidah, SD Ar-Rafi’ Drajat mengundang berbagai TK/RA/Kober dan PAUD yang tersebar di Baleendah, Pameungpeuk, Banjaran, dan Bojong Soang. Kegiatan ini mengundang 30 TK dan dihadiri oleh 65 guru TK. Seminar yang dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2019 ini, berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 15.00 WIB. 
       Seminar ini diisi oleh di isi oleh Dr. H. Suderadjat, M.Pd selaku Pembina Yayasan Atikan Islam Drajat, tim guru, sekaligus para siswa dari SD Ar-Rafi’ Drajat. Pada sesi pertama, seminar yang bertema “Peran dan Fungsi PAUD/TK dalam Sistem Pendidikan Nasional” ini di isi langsung oleh Dr. H. Suderadjat, M.Pd. yang memaparkan materi berkenaan tema tersebut. Pada sesi ini peserta begitu antusias menanggapi paparan materi, beberapa peserta melontarkan pertanyaan berkenaan materi yang disampaikan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditampung terlebih dahulu dan kemudian di diskusikan di akhir sesi oleh pemateri sebelum sesi pertama di tutup.
             Sebelum memasuki sesi kedua, para guru disuguhi oleh berbagai penampilan dari siswa dan siswi SD Ar-Rafi’ Drajat. Penampilan pertama ialah tahfidz Qur’an dari 10 siswa-siswi kelas satu dan penampilan kedua ialah iringan biola dari 2 siswi kelas 3. Penampilan ini merupakan hiburan dan bentuk awal dari sesi kedua yang akan membahas mengenai sistem dan program yang dilaksanakan oleh SD Ar-Rafi’ Drajat. 
         Pada sesi kedua, para pembantu kepala sekolah SD Ar-Rafi’ Drajat memaparkan berbagai program yang dilaksanakan di sekolah. Pemaparan program ini dilakukan dalam bentuk sharing informasi berkenaan program kurikulum, keagamaan dan kesiswaan yang dilaksanakan di SD Ar-Rafi’ Drajat.  Setelah pemaparan program, dilaksanakan sesi tanya jawab dan diskusi berkenaan permasalahan di TK dengan keselarasan sistem yang dilakukan di SD Ar-Rafi’. Pada awal diskusi para peserta memaparkan beberapa permasalahan di TK/PAUD yang selama ini dihadapi. Permasalahan-permasalahan yang terlontar tersebut di diskusikan sehingga menemukan solusi yang dapat diterapkan di sekolah. Melalui diskusi ini diharapkan dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik yang dapat diterapkan di TK/PAUD sehingga peserta didik lebih siap menghadapi jenjang sekolah dasar. 
        Sesi kedua sekaligus menutup rangkaian acara di tutup secara resmi oleh MC. Namun, meskipun acara seminar ini telah berakhir, SD-Ar-Rafi’ Drajat  akan menindaklanjuti kegiatan ini sehingga dapat terjalin jaringan informasi antara TK/PAUD/Kober dan SD Ar-Rafi’ Drajat. [ITN]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages